Wisuda ke VIII Politeknik Gorontalo

Sidang senat terbuka Politeknik Gorontalo dalam rangka Wisuda ke VIII tahun 2019

Politeknik Gorontalo (POLIGON) mewisuda sebanyak 101 wisudawan dan wisudawati dalam prosesi wisuda ke VIII Tahun Akademik 2019/2020 pada Selasa (17/12/2020) di Aula Politeknik Gorontalo.

Para wisudawan dan wisudawati tersebut terdiri dari lulusan D3 Mesin Peralatan Pertanian, D3 Teknologi Hasil Pertanian, D3 Teknik Informatika. Wisudawan dan wisudawati dari Mesin Peralatan Pertanian sebanyak 16 orang, Teknologi Hasil Pertanian sebanyak 33 orang dan Teknik Informatika sebanyak 52 orang .

Direktur POLIGON, Dr. Trifandi Lasalewo, ST.,MT mengucapkan selamat kepada Wisudawan dan Wisudawati Politeknik Gorontalo atas gelar akademik yang telah diraih. Beliau menegaskan agar ilmu yang didapatkan selama di POLIGON bisa diaplikasikan dan bermanfaat bagi masyarakat. Pada akhir sambutan Direktur POLIGON menyampaikan beberapa perkembangan POLIGON tahun 2019 yaitu:

1. Kegiatan kemahasiswaan

  • Juara 3 Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna yang diselenggarakan oleh Litbang Kab. Gorontalo, dengan judul “Alat Pemipil Jagung Tipe Rotari Untuk Daerah Perbukitan”. Pembimbing: Bapak Romi Djafar, ST, MT
  • Juara 2 Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Litbang Kab. Gorontalo, dengan judul “Boiler Penghangat Anak Ayam Menggunakan Tongkol Jagung”, Pembimbing: Bapak Burhan Liputo, ST, MT
  • Juara 1 pada kegiatan “Welding Competition tingkat Nasional” tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing: Bapak Ovin Daud, ST
  • Tim PKM-T (Program Kreativitas Mahasiswa) bidang Teknologi, yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Judul: “Mesin Pengupas Sabut Kelapa Tipe Cakar Ayam Untuk Produksi Minyak Kelapa Tradisional”. Lolos sampai ke PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional). Agustus 2019 di Universitas Udayana Bali. Pembimbing: Bapak Moh. Fikri Pomalingo, S.TP., M.Si  dan Ibu Ikrima Staddal, STP, M.Si.
  • Beasiswa bidikmisi mulai tahun 2019.

2. Kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi

  • Meningkatnya Klaster Perguruan Tinggi berbasis Kinerja Penelitian, dari klaster binaan menjadi Madya.
  • Bertambahnya Jurnal terakreditasi Ristekdikti, dari 1 jurnal menjadi 2 Jurnal terakreditasi: yakni JTII (Jurnal Teknologi Informasi Indonesia), dan JTECH (Jurnal Technopreneur).
  • Mengadakan Seminar Nasional Semantech (Seminar Nasional Teknologi, Sains dan Humaniora) dan call for papers, diikuti oleh berbagai PT di Provinsi Gorontalo dan luar Provinsi Gorontalo: LIPI/Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, UNM/Univesitas Negeri Makassar, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, STT Purwokerto, Politeknik Negeri Balikpapan.
  • Pendirian Sentra Kekayaan Intelektual untuk pendaftaran Hak Cipta, Hak Paten, dan merek dagang. Info: dalam waktu < 6 bulan telah terdaftar 11 hak cipta.
  • Pendirian Penerbit Politeknik Gorontalo. Data terakhir: 6 buku ber-ISBN.
  • Penelitian unggulan berupa pengembangan drone untuk pertanian, dengan judul: “Rancang Bangun Penyemprotan Pestisida Untuk Pertanian Jagung Berbasis Quadcopter”. Penelitian kolaborasi 3 prodi

3. Kegiatan lainnya

  • Poligon bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo dan perusahaan bus DAMRI, menyediakan layanan bus Damri dari Terminal Dungingi (simpang 5) menuju kampus Poligo

Dalam sambutannya DR. Weni Liputo, MM, selaku Ketua Yayasan Pengembangan Sumber Daya Manusia (YPSDM) Gorontalo, menyampaikan rasa syukur dan bangga karena POLIGON telah menunjukkan prestasinya sesuai dengan niat awal pendirian POLIGON oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo karena sudah memberikan hal-hal yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat berupa pengembangan pembangunan pertanian, perikanan dan teknologi informasi serta hal-hal yang terkait didalamnya. Beliau sangat mengeapresiasi presatasi yang telah dicapai POLIGON di tahun 2019. “Kedepannya POLIGON akan menjadi pusat pendidikan vokasi di bagian utara dan timur Indonesia,” tegasnya.

Gubernur Gorontalo dalam sambutannya yang diwakili oleh Asisten 3 Propinsi Gorontalo Syukri Gobel, SE.,MM menyebut bahwa wisuda ini merupakan hal yang bernilai bagi mahasiswa Politeknik Gorontalo, orang tua dan masyarakat Gorontalo. “Saat ini, Politeknik Gorontalo adalah satu-satunya kampus vokasi yang berada di daerah Gorontalo, adanya kampus vokasi di daerah ini diharapkan dapat membantu visi pemerintah Gorontalo yang ingin mewujudkan masyarakat Gorontalo yang ungul, maju dan sejahtera”, pintanya.

Acara prosesi wisuda diakhir dengan pesan dan kesan Wisudawan dan Wisudawati yang disampaikan oleh Ropin Bagi, A.md.Kom yang merupakan perwakilan wisudawan dari Program Studi Teknik Informatika.