Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2019

POLIGON atau Politeknik Gorontalo adalah salah satu perguruan tinggi yang terletak di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Indonesia. POLIGON terdiri tiga program studi yaitu:

  1. Teknik Mesin Peralatan Pertanian
  2. Teknik Hasil Pertanian
  3. Teknik Informatika

APA SAJA JALUR MASUK KE POLITEKNIK GORONTALO?

1.Jalur Afirmasi

Untuk kuliah di Politeknik Gorontalo, calon mahasiswa boleh memilih jalur masuk yang dikehendaki. Berikut 3 jalur masuk ke Politeknik Gorontalo:

Jalur Afirmasi adalah jalur penerimaan mahasiswa baru Politeknik Gorontalo yang diperuntukkan bagi siswa/siswi SMA/MA/SMK/sederajat yang berekonomi lemah dan penyandang disabilitas yang memiliki kapabilitas sesuai dengan Jurusan yang dipilih.

2. Jalur Prestasi

Ditujukan untuk semua siswa/siswi kelas XII SMA/SMK/MA atau yang sederajat yang akan lulus tahun 2019, yang memiliki minat atau kemampuan di bidang tertentu. Seleksi awal berdasar pada pencapaian prestasi akademik kelas X s.d XII (semester 1 s.d 5) dengan nilai rata-rata minimal 7,0.

Ditujukan bagi siswa siswi yang memiliki prestasi di berbagai bidang seperti olahraga, seni, budaya, penalaran (misal Olimpiade, Karya Ilmiah, Debat, dll). Prestasi yang dimaksud adalah pernah menjadi juara atau finalis di berbagai  lomba di tingkat nasional atau propinsi atau kabupaten dalam 3 tahun terakhir.

3. Jalur Reguler

Jalur Reguler  yaitu jalur pendaftaran yang terbuka bagi seluruh siswa/siswi lulusan SMA/SMK/MA atau sekolah lainya yang sederajat, dimana untuk dapat diterima sebagai mahasiswa baru Politeknik Gorontalo harus mengikuti seleksi/tes ujian masuk.


PERSYARATAN

  1. Siswa/siswi SMA/MA/SMK/sederajat yang pada tahun 2019 duduk di kelas XII atau lulus SMA/MA/SMK/sederajat 3 (tiga) tahun terakhir yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah.
  2. Sanggup mematuhi Etika dan Tata Tertib Mahasiswa Politeknik Gorontalo serta memenuhi semua persyaratan sebagai mahasiswa Politeknik Gorontalo.

WAKTU PENDAFTARAN

 Penerimaan Mahasiswa Baru Gelombang I

  Jalur Reguler

  • Pendaftaran : 1 Februari s/d 29 Maret 2019
  • Tes : 4 April s/d April 2019
  • Pengumuman : 8 April 2019

  Jalur Afirmasi Dan Prestasi

  • Pendaftaran : 1 Februari s/d 15 Maret 2019
  • Pengumuman : 22 Maret 2019

Penerimaan Mahasiswa Baru Gelombang II

  Jalur Reguler

  • Pendaftaran : 8 April s/d 18 Juni 2019
  • Tes : 17 Juni s/d 18 Juni 2019
  • Pengumuman : 24 Juni 2019

  Jalur Afirmasi Dan Prestasi

  • Pendaftaran : 8 April s/d 31 Mei 2019
  • Pengumuman : 17 Juni 2019

INFORMASI PENDAFTARAN

  1. Petugas Penerimaan Mahasiswa Baru (Rektorat) Kampus Politeknik Gorontalo, Kode Pos 96551.
  2. Kontak: 08114300848 (Salman), 081244322208 (Dudi), 082195027610 (Mustofa).
  3. e-mail: info@poligon.ac.id

TATA CARA PENDAFTARAN DAN SELEKSI

  1. Calon peserta menyiapkan: (1) file hasil pindai (scan) surat keterangan dari Kepala Sekolah SMA/MA/SMK; (2) file pas foto diri berwarna terbaru dengan ukuran file maksimum 500kb, rasio 400×600 pixels, format gambar jpg; (3) file hasil pindai (scan) identitas (KTP/SIM/Paspor/KK); (4) file hasil pindai (scan) bukti kejuaraan/sertifikat/piagam yang diperoleh;
  2. Calon peserta mengisi borang pendaftaran secara lengkap pada laman pendaftaran termasuk upload pas foto diri, upload surat keterangan dari Kepala Sekolah, dan upload bukti prestasi yang dimiliki;
  3. Hasil seleksi administrasi diumumkan di laman pendaftaran pada tanggal 30 Juni 2019.
  4. Peserta yang dinyatakan lulus administrasi harus hadir dalam Tes pada tanggal 1 Juli 2019 dengan membawa bukti dokumen Asli dan fotokopi sebagaimana yang diminta pada saat pengisian borang pendaftaran;
  5. Hasil seleksi Ujian Tulis dan Tes Khusus Wawancara diumumkan di laman pendaftaran pada tanggal 8 Juli 2019;
  6. Pemalsuan/kecurangan pengisian borang dan dokumen akan berakibat pembatalan status sebagai peserta dan implikasi hukum selanjutnya.

PILIHAN PROGRAM STUDI

Peserta dapat memilih maksimum 2 program studi yang diminati.


KETENTUAN LAIN

  1. Peserta Seleksi yang telah dinyatakan lulus seleksi:
    1. diwajibkan melakukan registrasi administrasi
    2. tidak diperkenankan pindah ke program studi lain.
    3. dinyatakan gugur apabila:
      • tidak lulus SMA/SMK/MA
      • tidak melakukan registrasi administrasi sesuai dengan ketentuan; atau terbukti melakukan pemalsuan data/melakukan kecurangan/memberikan informasi yang tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
  2. Apabila terjadi perubahan jadwal dan ketentuan lain, akan diumumkan melalui laman http://pmb.poligon.ac.id